February 20, 2019 By eddye

Penyebab Nyeri Perut Kanan Bawah dan Cara Mengatasinya

Nyeri perut kanan bawah merupakan salah satu keluhan yang kerap dialami oleh banyak orang. Bahkan mereka sering bertanya-tanya apa penyebab yang sebenarnya terjadi. Lantas sebenarnya apa sih penyebab sakit perut sebelah kanan bawah? Nah berikut merupakan beberapa penyebab nyeri perut bagian kanan bawah yang mungkin terjadi dna cara mengatasinya.

Usus Buntu atau Apendisitis

Kram atau rasa nyeri yang terjadi pada bagian perut kanan bawah pada umumnya merupakan gejala penyakit usus buntu atau apendisitis. Rasa nyeri yang timbul tersebut dapat terjadi akibat adanya peradangan yang terjadi pada bagian usus buntu. Bahkan terkadang rasa nyeri pada bagian ini juga disertai dengan mual, muntah, demam, hingga kehilangan nafsu makan.

Infeksi Saluran Kencing

Penyebab nyeri perut kanan bawah yang paling umum terjadi adalah adanya infeksi pada saluran kencing. Namun pada wanita nyeri yang satu ini juga sering dicurigai karena adanya radang saluran indung telur. Biasanya rasa nyeri yang timbul akan sangat hebat yang menyebabkan penderitanya selalu membungkukkan badan karena menahan rasa sakit.

Sembelit

Nyeri pada perut kanan bawah juga dapat disebabkan karena sembelit dimana para penderitanya mengalami kesulitan buang air besar karena tidak teratur membuang air besar. Oleh sebab itu sangat disarankan bagi Anda untuk rutin mengonsumsi makanan berserat dan banyak mengonsumsi air putih agar pencernaan menjadi lebih lancar.

Batu Ginjal

Pada umumnya rasa nyeri bagian kanan bawah yang disebabkan karena batu ginjal akan menjalar hingga area paha. Bahkan rasa nyeri ini terkadang juga disertai dengan mual, kram perut, hingga muntah. Untuk itu sangat disarankan bagi Anda melalukan pemeriksaan dokter apabila mengalami gejala tersebut demi mencegah penyakit berbahaya sebelum terjadi.

Infeksi Ginjal

Pada umumnya infeksi batu ginjal ini disebabkan oleh bakteri yang berasal dari kandung kemih, uretra, dan ureter. Meskipun terkadang penderitanya akan mengalami rasa nyeri pada perut kanan bawah, namun rasa sakit yang timbul akibat infeksi ginjal lebih sering terjadi pada bagian punggung samping atau selangkangan.

Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan atau dispepsia biasanya akan berkembang setelah Anda makan atau minum sesuatu. Rasa nyeri yang timbul biasanya terjadi pada bagian atas, namun terkadang juga terjadi pada bagian kanan bawah. Gangguan pencernaan ini mungkin dapat diobati dengan obat-obatan. Namun jika gejala berlangsung lama hingga lebih dari 2 minggu, segeralah hubungi dokter.

Gas Usus

Gas usus merupakan udara yang ditemukan pada bagian saluran pencernaan. Hal ini umumnya terjadi karena makanan tidak terurai dengan sempurna hingga mencapai usus besar. Semakin banyak makanan yang tidak dicerna maka semakin banyak pula gas yang dihasilkan. Hal ini dapat menyebabkan sakit perut dan kembung. Sendawa dan kentut dapat memberi bantuan.

Itulah beberapa penyebab nyeri perut kanan bawah yang mungkin terjadi dan cara mudah mengatasinya. Apa Anda juga sering mengalami rasa nyeri tersebut? Jika iya jangan sepelekan hal tersebut dan segera periksakan diri Anda. Anda juga bisa mendapatkan berbagai tips lainnya hanya di orami.co.id.

COMMENTS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *