May 20, 2019 By eddye

Penggunaan Popok Bisa Menyebabkan Ruam Pada Bayi

Gejala yang kerap dijumpai oleh orangtua yang memiliki Buah Hati adalah ruam pada bayi yang membuat banyak orangtua bingung bukan kepalang. Salah satu penyebab ruam pada Si Kecil adalah popok, yang menjdi kebutuhan untuk bayi. Ya, berbagai macam popio tersedia, baik yang dicuci maupun hanya sekali pakai.

Sebagian besar orangtua mungkin mulai mengenakan popok pada anaknya semenjak usia satu bulan. Seperti yang sudah kita ketahui, jika bayi yang baru lahir pasti amat rentan. Ruam pada bayi bisa muncul akibat penggunakan popok. Ruam bisa berupa bintik kemerahan maupun kulit bersisi. Jika sudah seperti itu, lalu cara mengatasinya bagaimana? Tenang, Anda bisa menemukan solusinya melalui artikel yang kami tuliskan kali ini.

4 Cara Menangguglangi Ruam Pada Bayi Area Pantat

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi ruam karena penggunaan popok bayi. Di bawah ini sudah ada empat cara menganggulanginya.

  • Rutin Cek Popok Bayi

Poin pertama ini sangat penting, yatu mengecek popok bayi; apakah basah atau kotor? Anda harus mencuci tangan dahulu sebelum mengganti popok Buah Hati. Silakan bersihkan area kulit yang kerap tertutup dengan kain yang lembut atau menyemprotkan air bersih lewat botol. Anda bisa mengelapnya menggunakan kain yang kering dan lembut maupun menggunakan tisu, tapi jangan menggosok terlalu keras. Hindari penggunaan tis yang memiliki kandungan alkohol maupun pewangi. Sewaktu Anda memandikan Si Kecil, gunakanlah sabung lembut, dan tepuk-tepuk di bagian yang muncul ruam.

Usahakan bayi mempunyai jam tertentu untuk tidak mengenakan popok. Hal ini bisa membuat kulit Si Kecil tetap kering dan terbebas dari gerakan. Ketika tidak mengenakan popok, Anda dapat membaringkan Si Kecil di atas handuk kering yang lembut.

  • Rutin Mengganti Popok

Ketika ruam muncul di kulit Si Kecil, Anda harus rutin mengganti popok. Normal penggantian popok dua sampai tiga jam sekali. Namun, tetap usahakan untuk sesegera mungkin, ketika sudah terlihat kotor maupun sudah terlalu basah. Ruam di kulit bisa muncul karena lembap yang memicu iritasi dan bisa lebih parah lagi.

Begitu juga ketika mengenaka popok, usahakan popok tidak Anda balut dengan ketat supaya kulit Si Kecil bisa bernapas, dan ruam tidak makin parah. Pastikan Anda menantikan kulit Si Kecil mengering terlebih dahulu sebelum dikenakan popok baru. Popok yang sekali pakai bisa membantu kulit Si Kecil tetap kering.

  • Berikan Gel atau Krim untuk Buah Hati

Anda bisa menggunakan krim yang terdapat kandungan zinc untuk meredakan ruam pada kulit Buah Hati serta bisa mencegah iritasi. Anda dapat bertanya terlebih dahulu kepada dokter maupun apoteker mengenai kirm yang cocok untuk dioleskan. Sebaiknya Anda menghindari penggunaan krim steroid (hydrocortisone), terkecuali dokter memberikan resep. Jenis krim tersebut bisa mengiritasi kulit pantat bayi, terlebih kalau penggunaannya tidak sesuai prosedur.

Tidak hanya menggunakan krim yang tepat, Anda dapat mengoleskan petroleum jelly supaya krim tidak menempel di popok bayi. Pilihlah gel dengan kandungan parfum yang sedikit dan harga yang terjangkau. Tipe gel macam ini tidak terlalu kuat sehingga aman untuk Anda gunakan pada Buah Hati.

  • Mengenakan Pakaian yang Mampu Menyerap Udara

Mengenakan baju yang tepat pun bisa meredakan ruam di kulit bayi. Baju maupun popok yang ketat malah membuat kilit lembab di area pantat bayi sehingga menyebabkannya kepanasan. Oleh karena itu, pilihlah pakainan maupun popok yang bisa menyerap keringat untuk menghindari ruam dan membuat tubuh tidak kepanasan.

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan tentang informasi ruam pada bayi, khususnya di area pantat akibat penggunaan popok. Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih.

COMMENTS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *